Fenomena Alam Api Biru di Kawah Ijen

By | April 27, 2020
Fenomena Alam Api Biru di Kawah Ijen
Indahnya Fenomena Alam Blue Fire Kawah Ijen Banyuwangi

Mengagumi Fenomena Alam Api Biru di Kawah Ijen

Pernahkah Anda mendengar tentang fenomena alam api biru di Kawah Ijen? Fenomena alam yang satu ini benar-benar akan membuat Anda terpana. Menariknya lagi, fenomena api biru ini hanya ada dua di seluruh dunia. Fenomena api biru atau blue fire ini hanya bisa Anda temukan di Islandia dan di Indonesia tepatnya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Fenomena alam api biru di Indonesia bisa ditemukan di Gunung Ijen. Gunung Ijen merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Indonesia. Gunung ini diketahui masih memiliki status aktif dan terakhir kali mengalami erupsi di tahun 1936. Fenomena api biru ini bisa Anda lihat tepatnya di bagian kawah Gunung Ijen.

Pemandangan api biru yang menakjubkan ini tentu tak bisa dinikmati tanpa perjuangan. Anda harus melalui perjalanan panjang dan menantang untuk bisa melihat api biru secara langsung. Selain itu, Anda juga harus sangat berhati-hati agar bisa menikmati fenomena api biru dengan aman dan nyaman.

Dibutuhkan perjuangan agar Anda bisa menikmati pemandangan yang langka ini. Anda harus mendaki dan melewati jalur yang tidak mudah untuk sampai di lokasi terbentuknya api biru. Namun, percayalah bahwa perjuangan yang akan Anda lakukan bisa langsung terbayar dengan pemandangan fenomena api biru yang menakjubkan.

Tentang Fenomena Api Biru

Sebenarnya apa itu api biru dan bagaimana fenomena alam ini bisa terjadi? Selama ini kita mengenal api pada gunung berapi berwarna merah dan biasa kita sebut dengan lava. Tentu saja munculnya api berwarna biru ini benar-benar menjadi fenomena langka dan sangat sayang untuk dilewatkan. Beruntung sekali kita karena fenomena ini ada di Indonesia dan dekat dengan kita.

Api biru ini sebenarnya adalah hasil reaksi dari gas bumi dengan oksigen. Namun, tidak semua hasil reaksi oksigen dan gas bumi bisa menghasilkan api biru. Api biru ini hanya bisa terjadi jika oksigen dan gas bumi bertemu pada tingkat tertentu. Bisa dikatakan bahwa fenomena api biru ini benar-benar langka dan tidak bisa Anda temukan di banyak tempat.

Fenomena api biru tidak bisa muncul setiap saat. Api biru ini hanya muncul pada waktu tertentu dan dalam durasi yang cukup singkat. Fenomena alam api biru di Kawah Ijen hanya bisa Anda nikmati pada pukul 02.00 sampai 04.30 WIB. Hanya ada waktu dua jam bagi Anda untuk bisa menikmati pemandangan api biru yang memukau ini.

Sebenarnya api biru bukanlah sebuah fenomena yang baru saja terjadi. Fenomena ini sudah ada sejak ribuan tahun silam. Namun, api biru di lokasi Gunung Ijen ini baru ditemukan tahun 1950. Penemu api biru ini adalah seorang penambang yang tengah bekerja di sekitar lokasi api biru. Fenomena ini tidak langsung diungkap ke masyarakat dan baru diketahui publik pada tahun 2014.

Petualangan ke Kawah Ijen

Telah disebutkan sebelumnya bahwa Anda harus melalui perjalanan yang melelahkan untuk bisa sampai ke lokasi api biru. Anda harus mendaki gunung dengan ketinggian 2.443 mdpl saat tengah malam. Pendakian berlangsung selama dua sampai tiga jam dan Anda tentu harus mempersiapkan tubuh dengan sebaik mungkin.

Perjalanan mendaki gunung yang melelahkan tentu bukan masalah karena pemandangan yang memukau sudah menanti. Rasa lelah Anda akan segera sirna setelah bisa menyaksikan api biru secara langsung di hadapan Anda. Bahkan sepertinya perjalanan mendaki gunung dengan kemiringan 40 derajat itu bukanlah sebuah hal yang sulit.

Anda bisa menikmati pemandangan api biru yang berkobar dengan indah di tengah warna gelap gunung. Di tengah malam yang gelap dan dingin, api biru menjadi primadona yang pesonanya akan sulit untuk Anda lupakan. Setelah puas melihat api biru, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menikmati pemandangan matahari terbit.

Tak berhenti sampai di situ, Anda masih akan dihadapkan pada pemandangan Gunung Ijen yang sangat indah. Bagi Anda yang menyukai keindahan alam, perjalanan menikmati fenomena alam api biru di Kawah Ijen ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Atur perjalanan wisata Anda menyaksikan api biru bersama Tour & Travel Jawa Timur yang bisa diakses melalui website kami di Wisatabromo.com.