Indahnya Air Terjun Madakaripura yang Epik

By | Mei 3, 2020
Indahnya Air Terjun Madakaripura
Indahnya Air Terjun Madakaripura Probolinggo

Pesona Indahnya Air Terjun Madakaripura yang Tiada Duanya

Indahnya Air Terjun Madakaripura yang terdapat di kabupaten Probolinggo menjadi sebuah permata tersembunyi untuk kamu yang hobi berpetualangan. Panoramanya yang begitu indah dengan bias-bias pelangi yang seringkali muncul sangat sedap untuk di nikmati. Apalagi untuk kamu yang sedang stres memikirkan deadline skripsi atau pekerjaan. Disinilah tempat yang paling tepat guna menghilangkan penat di kepala.

Air terjun ini mempunyai ketinggian 200 m serta berbentuk ceruk yang dikelilingi banyak tebing-tebing yang menjulang tinggi. Air Terjun ini juga meneteskan air yang membentuk tirai di seluruh bidang tebingnya seperti sedang hujan. Terdapat sekitar lima terjunan air di tempat ini dengan air terjun yang utama ada di ujung ruangan berbentuk lingkaran yang berdiameter sekitar 25 m. Pada balik air terjun yang utama ada sebuah goa dimana dalam mencapainya sangatlah sulit sebab harus melewati kolam air yang memiliki luas 25 m2 yang terdapat di bawah air terjun madakipura. Kedalaman kolam ini yaitu sekitar 7 m serta mempunyai arus air yang deras.

Baca juga: Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Menurut para penduduk setempat Madakaripura berarti ‘tempat terakhir’ yang didapat dari cerita jaman dahulu, Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan cara bersemedi di lokasi sekitar air terjun ini. Cerita ini didukung juga dengan adanya arca Gajah Mada yang berada di tempat parkir area air terjun madakaripura.

Rute Menuju ke Lokasi Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura berada di Desa Sapih, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Jika kamu ingin naik kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, maka kamu dapat memulainya dari Surabaya atau Malang. Dari Surabaya dapat ditempuh dengan jangka waktu 3 jam. Sedangkan jika kamu ingin naik angkutan umum dan memulai perjalanan Probolinggo, rutenya yaitu dari terminal bus Banyuangga, naik bus ke Tongas atau Lumbang berhenti di pertigaan Tongas lalu lanjutkan perjalanan dengan angkutan ke Pasar Lumbang dan menuju ke Pintu Gerbang Madakaripura.

Melanjutkan ke gerbang air terjun madakaripura menggunakan jasa Ojek. Lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kira-kira 1 km melewati jalanan setapak dimana kondisi jalan sudah cor. Guna menuju kesana alangkah baiknya menggunakan jasa pemandu karena jalan menuju kesana lumayan berat medan nya. Bahkan di lokasi ini seringkali terjadi longsor dan banjir. Para pemandu ini pada umumnya adalah penduduk lokal, yang banyak ditemui di sekitar parkiran. Biasanya mereka langsung menawarkan diri dengan ongkos pemandu kira-kira Rp 150.000,-.

Sedangkan untuk dapat sampai menuju air terjun utama, kamu harus melewati tebing yang lumayan licin, sempit dan berlumut. Tetapi janganlah mengeluh, karena semua rasa penat dan lelah yang kamu bawa akan hilang dengan begitu indahnya Air Terjun Madakaripura yang mempesona

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Harga tiket masuk wisata madakaripura berkisar Rp. 5000 per motor (untuk parkir) dan Rp. 11.000 per orang untuk wisatawan nusantara. Bagi wisatawan Asing, biaya masuk lokasi air terjun adalah Rp. 25.000,- per orang. Kemudian untuk jasa ojek di tempat wisata tersebut yaitu Rp. 35.000,- (Pulang – Pergi).

Jika kamu ingin ke tempat ini, jangan berenang di air terjun sebab air tersebut cukup dalam. Sudah terjadi beberapa kali pengunjung yang meninggal karena masuk ke air terjun. Bagi masyarakat yang tinggal di sekitar daerah Probolinggo atau Jawa Timur. Air Terjun Madakaripura memiliki cerita magis yang legenda nya selalu ditularkan pada setiap pengunjung yang pertama kali datang. Oleh karena itu tetap hati – hati bagi siapa saja yang datang untuk mengunjungi obyek wisata ini.