Pesona Kawah Ijen Keindahan Alam Terbaik di Jawa Timur

By | April 25, 2020
Pesona Kawah Ijen Keindahan Alam Terbaik di Jawa Timur
Keindahan Alam Kawah Ijen (Banyuwangi)

Inilah Pesona Kawah Ijen Keindahan Alam Terbaik di Jawa Timur

Salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi selama berada di Jawa Timur adalah Kawah Ijen. Pasalnya, pesona Kawah Ijen ini termasuk keindahan alam terbaik yang ada di Jawa Timur.

Selain itu, Kawah ijen juga menyuguhkan berbagai pesona wisata alam yang unik yang sulit untuk bisa Anda temukan di wisata alam lainnya. Kira-kira apa saja pesona Kawah Ijen yang bisa Anda dapatkan selama berlibur ke sana? Berikut ulasannya.

5 Pesona Kawah Ijen yang Wajib Diketahui

Salah Satu Kawah Terbesar di Dunia

Letak Kawah Ijen berada tepat di puncak Gunung Ijen dengan tinggi sekitar 2.368 meter. Sementara gunung Ijen sendiri termasuk bagian pegunungan Bromo Tengger di Jawa Timur. Tepatnya berada di perbatasan antara Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso dan Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, kawah ini juga sangat unik karena berada tepat di tengah kaldera Pulau Jawa. Dan juga merupakan kawah yang paling besar di dunia. Dengan kaldera yang berukuran 20 meter dan kawah 960×600 meter dan dalam kawah sekitar 200 meter.

Kawah yang Paling Asam di Dunia

Keunikan lain yang dimiliki Kawah Ijen adalah memiliki derajat keasaman yang cukup tinggi hampir 0 yang bisa membuat manusia yang berada di sana cepat larut. Sehingga bisa dipastikan bahwa kawah ini termasuk kawah yang paling asam yang ada di dunia.

Tidak hanya itu saja, suhu kawah ini juga cukup tinggi hingga mendekati 200 derajat celcius. Untuk itu, selama berada di sana Anda harus berhati-hati, dan pastikan Anda berada di batas yang aman ya!

Panorama Kawah Ijen yang Paling Menakjubkan

Selain termasuk kawah terbesar dan terasam di dunia, kelebihan lain dari kawah ijen adalah memiliki pesona alam yang begitu menakjubkan. Pesona keindahan alam kawah ijen tersebut bisa Anda lihat saat berada di puncak gunung Ijen.

Kawah ini memiliki warna hijau kebiruan yang di sekelilingnya terdapat asap belerang yang terlihat begitu indah. Di sekitar kawah juga terdapat tanaman seperti Cemara, Bunga Edelweis, dan tanaman khas pegunungan lainnya.

Anda juga bisa melihat pemandangan di sekitar yang jaraknya tidak jauh dari gunung Ijen seperti pemandangan gunung Merapi.

Selain itu, jika Anda mengunjungi kawah ijen di pagi hari, Anda akan disuguhkan pemandangan alam kawah yang hijau kebiruan dengan pantulan sinar matahari yang berwarna keemasan membuat keindahan Kawah Ijen semakin sempurna.

Kawasan Penambang Belerang Secara Tradisional

Pesona lainnya dari Kawah Ijen merupakan kawasan penambangan belerang secara tradisional. Di sana Anda bisa melihat pemandangan para penambang yang menambang secara tradisional dengan peralatan seadanya dengan cara digali kemudian lelehan belerang tersebut dimasukkan keranjang dan dipikul dibawa pulang. Di kawasan ini Anda bisa mendapatkan asap belerang yang cukup tebal.

Keajaiban Pesona Api Biru

Keajaiban lainnya yang bisa Anda dapatkan di Kawah Ijen adalah pesona api biru yang terletak di bawah kawah. Keindahan yang diciptakan oleh api biru ini didapat dari lelehan belerang yang telah mengering. Tumpukan-tumpukan belerang itulah yang kemudian bisa menghasilkan pemandangan api biru.

Namun, pemandangan api biru ini hanya bisa Anda lihat saat kondisi gelap atau di malam hari. Menilik dari beberapa keindahan Kawah Ijen di atas, maka tidak mengherankan jika kawah ini termasuk keindahan alam terbaik di Jawa Timur.

Menikmati Keindahan Kawah Ijen dengan Aman Bersama wisatabromo.com

Untuk bisa menuju lokasi Kawah Ijen, Anda harus berjalan melewati jalan yang terjal dan cukup berbahaya yang membutuhkan waktu sekitar 9 jam. Selain itu, di sekitar kawasan kawah juga terdapat tebing.

Untuk itu, agar memudahkan Anda selama perjalanan menuju ke Kawah Ijen, sebaiknya Anda meminta bantuan jasa tour ke Kawah Ijen di Wisatabromo.com. Melalui jasa tour dan travel tersebut, Anda tidak hanya bisa menikmati pesona kawah Ijen tetapi juga bisa berwisata dengan aman dan menyenangkan.