Puncak Penanjakan 2 Bromo

By | Juli 22, 2019

Melihat Sunrise Di Puncak Penanjakan 2 (Seruni Point)

Puncak Penanjakan 2 Bromo | Puncak Seruni Point merupakan salah satu tempat alternatif kedua setelah Penanjakan 1 Bromo untuk menikmati keindahan matahari terbit bromo. Dan melihat keindahan Sunrise Bromo adalah hal yang paling berkesan saat anda mengambil Paket Wisata Bromo. Para pengunjung yang menginap di Hotel kawasan Gunung Bromo diwajibkan bangun lebih awal di pagi hari agar bisa menyaksikan keindahan matahari terbit bromo di Puncak Penanjakan 2 atau yang disebut juga dengan Seruni point.

Puncak Penanjakan 2 Bromo
Puncak Seruni Point Bromo

Untuk view Puncak Penanjakan 2 Seruni Point memang tak sepopuler Penanjakan 1 Bromo yang merupakan tempat tertinggi. Saat puncak musim liburan paket wisata Bromo tiba, khususnya di Puncak Penanjakan 1 tidak dapat menampung ribuan pengunjung. Maka para pengunjung bisa melihat matahari terbit Bromo dari Puncak Seruni yang berada di dusun Seruni. Terlebih pada saat moment tertentu seperti event tahunan upacara Kasada dan juga festival jazz Bromo dan tahun baru. Sudah bisa di pastikan bahwa kedua view point sunrise akan penuh dengan para pengunjung wisatawan.

Sejarah Puncak Penanjakan 2 (Seruni Point)

Puncak Penanjakan 2 bromo terletak di Dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Wisata Pananjakan 2 bromo ini tidak banyak dikenal oleh para wisatawan, karena dulu jalurnya sering tertutup dan terjadi longsor. Akhirnya warga dan pihak taman nasional bekerja sama untuk memperbaiki jalur tersebut sehingga jalan menuju ke puncak penanjakan 2 dapat dilalui kendaraan Jeep dan dapat di kunjungi oleh wisatawan. Puncak seruni point memang tidaklah setinggi puncak penanjakan 1. Namun dari tempat ini pawa wisatawan juga bisa melihat keindahan matahari terbit serta pemandangan sekitar Bromo.

Sebutan untuk Puncak Penanjakan 2 ini juga di ambil dari suku Tengger yang melakukan ekspedisi. Karena sama sama ada dalam satu Gunung Penanjakan maka masyarakat suku Tengger Bromo memberi nama Puncak Seruni pont.

Cara menuju Puncak Penanjakan 2 Bromo

Untuk mencapai View Point Sunrise di Puncak Penanjakan 2 Bromo pengunjung juga harus menyewa kendaraan Jep atau Hardtop. Transportasi tersebut bisa anda pesan di kawasan wisata gunung bromo. Rute dan jalur yang paling mudah dilalui menuju ke puncak penanjakan 2 ini adalah dari desa Cemoro lawang. Jalurnya yang cukup menanjak, butuh waktu 30 menit untuk menuju lokasi seruni point. Disana juga terdapat sebuah perkiran Jeep, selanjutnya anda dapat berjalan kaki menelusuri anak tangga kurang lebih 20 menit untuk mencapai puncak penanjakan 2.

Menuju ke puncak penanjakan seruni point tidak bisa membawa perlengkapan seadanya. Ada beberapa perlengkapan yang sebaiknya Anda bawa dan anda gunakan. Perlengkapan tersebut berupa masker untuk melindungi saluran pernapasan, head lamp atau senter tangan, penutup kepala dan telinga, jaket tebal, serta sarung tangan untuk melindungi anda dari cuaca dingin.

Puncak Penanjakan 2 Bromo

Bromo memang banyak menarik wisatawan untuk berkunjung. Terdapat banyak obyek wisata yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja ketika liburan di Bromo. Salah satunya adalah pesona matahari terbit yang dapat anda lihat dari puncak penanjakan 2. Jika memiliki rencana liburan di Jawa Timur jangan lupa jadikan gunung Bromo sebagai list dari wisata anda.