Bukit Kingkong Bromo

By | Maret 25, 2020
Bukit Kingkong, Spot Terbaik Melihat Sunrise di Gunung Bromo
Kingkong Hill, Spot Terbaik Melihat Sunrise di Gunung Bromo

Wisata alam akan selalu menjadi incaran para pelancong. Bukan hanya keadaannya yang masih asri dengan udara sejuk sekeliling sehingga menyegarkan badan dan pikiran, tetapi juga pemandangan yang tidak kalah menakjubkan. Terutama bila menyangkut fenomena alam yang mungkin akan sangat susah ditemui ketika sudah kembali ke kota. Apalagi jika bukan matahari terbit dan terbenam. Dua hal itu yang selalu menjadi hal favorit para wisatawan. Pasalnya, ketika kembali ke rutinitas harian, dua hal tersebut menjadi sangat langka dan susah untuk dilihat lagi. Maka, ketika kamu berkunjung ke area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, jangan lewatkan momen langka untuk menikmati keindahan matahari terbit maupun terbenam. Nah, salah satu tempat untuk menyaksikan semburat kuning sang surya muncul adalah Bukit Kingkong Bromo. Destinasi baru yang wajib kamu datangi ketika berlibur ke sana.

Nikmati Sunrise Terbaik di Balik Bukit Kingkong Bromo

Bukit Kingkong Bromo berada di ketinggian sekitar 2.700 meter di atas permukaan laut, letaknya berada di kawasan bawah area penanjakan 1. Ini bisa menjadi alternatif lain jika kawasan Bukit Pananjakan ramai pengunjung hingga tidak menemukan lagi tempat terbaik dan strategis untuk mengabadikan momen matahari terbit.

Dari area Kingkong pula, kamu bisa melihat ketiga gunung besar yang berada di kawasan tersebut di antaranya Gunung Bromo, Batok, dan Semeru lebih jelas serta terasa lebih dekat daripada menyaksikannya melalui spot lain seperti Bukit Penanjakan. Sehingga feel-nya pun pasti akan sangat berbeda.

Bukit ini dinamakan Bukit Kingkong lantaran salah satu sisi tebingnya berbentuk menyerupai kepala kingkong lantaran sedikit lebih menonjol daripada tebing lainnya. Tebing tersebut terpahat secara alami oleh alam. Letaknya di balik pagar yang membatasi para wisatawan berdiri untuk menyaksikan matahari terbit atau pemandangan alam di sekitar bukit. Pahatan tersebut jika diamati lebih detail, maka akan membentuk seperti sepasang mata serta hidung seekor kingkong.

Baca juga: Puncak sunrise Penanjakan Viewpoint 1

Di area Bukit Kingkong Bromo, juga terdapat sebuah pura kecil yang biasa digunakan masyarakat sekitar yang mayoritas beragama Hindu untuk meletakkan sesaji. Padna Sari, nama pura itu. Selain itu, kamu pun akan bisa melihat keindahan Gunung Arjuna serta kota Malang yang terletak persis di bawahnya. Keindahan di pagi hari yang berisi rumah-rumah kecil akan terasa berbeda dengan pemandangan di malam hari yang dipenuhi cahaya kecil berasal dari lampu rumah warga.

Nah, untuk kamu yang lebih mudah lapar, jangan khawatir. Di sekitar area Bukit Kingkong, terdapat pula warung penjual makanan yang menawarkan dagangan dengan harga murah yang sesuai kantong. Di sana, kamu pun bisa mendirikan tenda untuk menginap sembari menikmati keindahan pesona gunung serta bukit-bukit sekitar di malam hari.

Rute Menuju Bukit Kingkong Bromo

Nah, untuk mencapai Bukit Kingkong Bromo, ada baiknya jika kamu menggunakan tour guide dari agen travel yang terpercaya. Pasalnya, untuk menjangkau lokasinya, harus melewati jalan yang cukup ‘menipu’ untuk pendatang baru. Sehingga kamu membutuhkan seorang pemandu yang akan menemani dan mengarahkan jalan yang tepat agar sampai di Bukit Kingkong dengan selamat dan berhasil menikmati keindahan tersebut.

Nah, kamu bisa mendapatkan pemandu terpercaya tersebut di Agen Travel Wisata Bromo yang berkantor di Brantas Regency Kav. F5, Kota Probolinggo. Meskipun berkantor resmi di Probolinggo, tetapi tim pemandu akan datang menjemput kamu di lokasi dengan perlengkapan yang cukup untuk mengantarkan ke spot terbaik guna menikmati keindahan alam di sepanjang kawasan Bromo.

Selain Bukit Kingkong, Ada Spot Lain Tak Kalah Menarik untuk Melihat Sunrise

Selain ke Puncak Kingkong, para pemandu dari tim Wisata Bromo Tour Travel juga akan mengajak ke kamu spot lain yang tidak kalah menarik untuk menyaksikan fenomena alam ketika matahari baru saja menampakkan cahayanya. Tentunya spot tersebut memiliki pemandangan indah yang siap diabadikan dalam kameramu. Seperti Bukit Mentingan, Pos Dingklik, Serunipoint, serta Bukit Cinta. Namun, spot-spot tersebut akan bisa kamu nikmati jika menginap lebih dari 1 hari di area sekitar Bromo.

Nah, tertarik untuk mengunjungi Bukit Kingkong Bromo, Spot Terbaik Melihat Sunrise di Gunung Bromo? Segera booking sekarang untuk persiapan liburanmu. Nikmati liburan menyenangkan bersama Travel Wisata Bromo.