4 Rute Menuju Ke Gunung Bromo

By | Maret 21, 2020
4 Rute Menuju Ke Gunung Bromo
4 Rute Menuju Ke Gunung Bromo

Alternatif Rute dan Jalur Mudah Menuju Wisata Gunung Bromo yang Perlu Diketahui

Gunung Bromo adalah salah satu wisata alam yang paling indah yang ada di Jawa Timur. Letak gunung Bromo ini juga berada tepat di perbatasan 4 kabupaten yaitu Pasuruan, Lumajang, Probolinggo dan Malang. Sehingga terdapat berbagai alternatif akses perjalanan mudah serta 4 rute menuju ke gunung Bromo yang perlu anda ketahui.

Bagi para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata ke Bromo, mengetahui jalur dan rute menuju ke gunung Bromo sangatlah penting. Baik yang berasal dari kota Jakarta, Malang, kota Surabaya, maupun kota besar lainnya. Kali ini kami akan menjelaskan tentang rute dan jalur mudah menuju wisata gunung Bromo dari 4 pintu masuk utama.

4 Rute Utama Menuju Ke Gunung Bromo

Gunung Bromo ini memiliki bentuk yang saling bertautan antara lembah dengan kaldera dan lautan pasir dengan luas 10 kilometer. Dengan diameter 800 meter dari arah utara selatan dan 600 meter dari timur barat.

Sebagai gunung Merapi yang masih aktif, sebenarnya gunung ini cukup berbahaya, namun kecantikan kawasan gunung Bromo ini membuat para wisatawan rela berbondong-bondong menuju ke sana.

Dan untuk bisa menikmati berbagai spot wisata Bromo di atas, Anda butuh perjuangan. Dan biasanya terdapat 4 jalur dan rute menuju ke Gunung Bromo yang umum digunakan oleh para wisatawan, berikut ulasannya.

Jalur Pertama, Melalui Pintu Barat dari Pasuruan

Rute jalan pertama menuju kawasan gunung Bromo yaitu melewati pintu barat dari Pasuruan. Anda bisa masuk melewati desa Tosari kemudian menyusuri medan lautan pasir yang lumayan terjal.

Sehingga untuk menuju ke sana, Anda bisa menyewa mobil jeep yang biasanya sudah disediakan di area sekitar desa Tosari.

Jalur Kedua, Melewati Pintu Masuk dari Probolinggo

Alternatif jalur kedua yaitu melalui pintu utara dari Probolinggo. Anda bisa melewati Tongas, kemudian menuju ke pintu masuk gunung Bromo yang berada desa Cemara Lawang.

Jalan yang dilalui untuk menuju kawasan gunung Bromo tidak begitu berat ketimbang jalur lainnya, selain itu lereng yang ada di sana juga tidak begitu curam. Sehingga untuk menuju ke sana Anda bisa hanya berjalan kaki atau bersepeda motor.

Jalur Ketiga, Melalui Pintu Utara dari Malang

Rute akses selanjutnya yaitu melalui pintu utara dari kota Malang. Anda bisa masuk dari daerah Tumpang kemudian ke Pronojiwo. Melalui rute ini Anda juga akan disuguhkan pemandangan hutan hijau yang begitu mempesona.

Dari Pronojiwo, jika Anda bisa lurus ke selatan menuju Ranu Pane, dan jika ke utara Anda bisa memasuki kawasan lautan pasir bromo yang tepat berada di selatan Bromo. Untuk sampai ke puncak gunung Bromo, Anda cukup mengikuti jalur lautan pasir berbisik.

Alternatif Jalur Lain dari Lumajang

Selain tiga rute jalan menuju ke gunung Bromo di atas, alternatif jalur lain yang bisa Anda pilih yaitu dari Lumajang dan menuju arah desa Ranu Pane. Kemudian anda dapat menyusuri gunung Bromo melalui lautan pasir. Jalur ini bisa dilewati sepeda motor selama 3 jam.

Di sana Anda juga akan disuguhkan pemandangan padang rumput savana dan berbagai tanaman khas pegunungan.

Akan tetapi, pastikan Anda ke sana di siang hari dan di saat tidak ada kabut, sebab area di sana termasuk sangat sepi dan hampir tidak ada persinggahan sama sekali.

Menilik dari beberapa ulasan mengenai pilihan jalur menuju puncak gunung Bromo di atas, Anda bisa memilih 4 Rute menuju ke gunung Bromo bagi Anda. Baik berdasarkan lokasi yang terdekat hingga kemudahan akses menuju ke puncak Bromo.

Peta dan Jalur menuju Obyek Wisata Gunung Bromo
Peta dan Jalur menuju Obyek Wisata Gunung Bromo

Rute Menuju Kawasan Bromo dari Surabaya

Bagi Anda yang ingin menuju kawasan Bromo dari Surabaya yang mengendarai kereta api, bus, maupun pesawat, ada beberapa alternatif jalur yang bisa Anda pilih.

Salah satu akses termudah, yaitu dari kota Surabaya, Anda bisa menuju kabupaten Pasuruan tepatnya di desa Tosari. Dari Tosari tersebut, Anda bisa melewati lautan pasir gunung Bromo.

Selain jalur tersebut, dari Surabaya Anda juga bisa menuju daerah Tongas di Probolinggo, kemudian melewati pintu masuk utama gunung Bromo.

Nah, itulah ulasan mengenai jalur dan 4 rute menuju ke gunung Bromo. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke Bromo, semoga ulasan tersebut bisa membantu Anda. Selain itu, agar lebih mudah dan menyenangkan selama perjalanan menuju Bromo, Anda juga bisa meminta bantuan jasa tour dan travel di www.wisatabromo.com.