Ranu Kumbolo Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

By | April 11, 2020
Ranu Kumbolo Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru
Pesona Ranu Kumbolo Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

Sejak munculnya film 5 cm, obyek wisata danau Ranu Kumbolo kini semakin ramai di kunjungi oleh para pendaki. Mereka datang dan ingin melihat langsung keindahan dari danau dan pemandangan sekitar. Aktivitas pendakian yang dulunya terlihat sulit dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat melakukannya, kini semua orang bisa mendaki baik yang profesional maupun amatir. Karenanya, apakah benar Ranu Kumbolo Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru?

Pesona Obyek Wisata Ranu Kumbolo Dengan Udara Segar

Selain mengunjungi puncak mahameru yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa. Masih ada tempat lain yang terdapat di Semeru yang mana tempat tersebut menjadi salah satu yang paling populer. Tempat ini sering di jadikan sebagai lokasi berkemah maupun hunting foto. Tempat ini di kenal sebagai obyek wisata Ranu Kumbolo. Sebenarnya tempat ini merupakan sebuah danau air tawar yang cukup tenang sekaligus lokasi transit para pendaki sebelum meneruskan perjalanan menuju puncak. Kumbolo di sebut sebagai sumber mata air yang paling bersih dengan debit berlimpah sehingga wajar jika banyak pemain yang berhenti di tempat ini untuk mengisi ulang air guna melanjutkan perjalanan.

Dari pos Ranu Pani, perjalanan ke Kumbolo membutuhkan selama lima hingga tujuh km. Selama pendakian anda dapat menelusuri keindahan lereng bukit yang menjadi habitat dari tumbuhnya bunga Edelweis. Meski demikian, Anda tidak boleh memetiknya karena Edelweis termasuk bunga langka yang hanya tumbuh di daerah pegunungan. Setelah tiba di Watu Rejeng, maka Anda dapat melihat batuan terjal yang sangat indah sekaligus dengan pemandangan lembah serta bukit yang di sampingnya di tumbuhi oleh pohon pinus dan cemara. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar tujuh jam tergantung fisik Anda. Tersedia empat pos yang dapat di jadikan lokasi beristirahat sementara.

Setelah sampai di Ranu Kumbolo, maka Anda bisa segera mendirikan tenda dan berkumpul dengan para pendaki lainnya sehingga teman bertambah. Apabila malam hari cuacanya sangat cerah, maka Anda bisa melihat berbagai macam gugusan bintang seperti Milky way. Pemandangan malam hari di danau Kumbolo ini memang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

Rute dan Jalur Pendakian Ranu Kumbolo Yang Terkenal

Rute dan jalur ini di mulai dari sebuah desa kecil dengan nama Desa Ranu Pani. Sebenarnya ada dua pilihan rute dan jalur yakni dari Malang atau dari Lumajang. Jika dari Malang maka pendakian akan mengarah Tumpang. Jalur ini bisa dengan kendaraan, menempuh 1,5 jam perjalanan. Dari Tumpang, menuju Ranu Pani. Bisa sewa Jeep dengan harga Rp 125.000/orang atau naik kendaraan umum menuju Ranu Pani dengan biaya Rp 50.000/orang.

Dari Desa Ranu Pani, pendaki harus melakukan registrasi di Pos Ranu Pani dari mulai cek KTP, kesehatan, peralatan dan lain sebagainya. Usai registrasi dan pengecekan, pendakian akan di lanjutkan ke Danau Ranu Kumbolo. Trek pertama berupa jalan aspal, kemudian masuk kawasan hutan dengan jalur berkelok serta sedikit menanjak. Keindahan lembah serta bukit akan membuat pendaki merasa takjub. Dari pos pengecekan sampai Ranu Kumbolo memakan waktu sedikitnya 4 jam dengan jarak 12 km.

Rute dan jalur pendakian Ranu Kumbolo memang sangat melelahkan. Begitu juga perjalanan ke puncak Gunung Semeru. Oleh sebab itu, kami sarankan sebelum melanjutkan ke puncak Gunung Semeru, pendaki akan berhenti di Danau Ranu Kumbolo. Biasanya, pendaki akan membuka tas dan membuat tenda untuk sementara istirahat menikmati keindahan Ranu Kumbolo Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru. Danau ini sungguh cantik nan eksotis dari sisi manapun melihat dan menilainya. Luas danau ini sendiri mencapai 15 hektare dengan ketinggian 2400 mdpl.

Ranu Kumbolo Surga Tersembunyi di Kaki Mahameru

Udara segar alami nan sejuk akan membuat pikiran Anda sangat tenang apalagi pemandangan hijau yang di tawarkan danau ini sungguh menawan. Air yang jernih dan bening bahkan bisa di minum langsung akan membuat pesona keindahan Ranu Kumbolo Semeru semakin sempurna. Tentunya, keindahan ini tidak boleh di rusak dengan membuang sampah sembarangan, mandi atau mencuci di danau. Biarkan kealamiannya bisa di nikmati generasi berikutnya. Apabila anda berminat untuk pendakian ke Kumbolo, anda bisa menghubungi kami melalui +6282334900924 untuk pemesanan paket wisata Bromo.