Letak Lokasi dan Rute Pendakian Gunung Semeru

By | April 13, 2020
Letak Lokasi dan Rute Pendakian Gunung Semeru
Letak Lokasi dan Rute Pendakian Gunung Semeru 3676mdpl

Tak sedikit pendaki yang hilang ketika melakukan pendakian di gunung Semeru. Salah satu faktor penyebabnya adalah tidak mengindahkan peraturan yang sudah diberikan petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Termasuk tidak mempelajari dengan benar tentang Letak Lokasi dan Rute Pendakian Gunung Semeru, sehingga sering diberitakan banyak pendaki yang hilang. Untuk mencegah berbagai macam hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Karena Melakukan pendakian menuju Gn Semeru tidak mudah dan cukup sulit.

Pentingnya informasi Letak Lokasi dan Rute Pendakian Gunung Semeru

Dimanakah letak dan lokasi gunung Semeru berada ? Gunung Semeru ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut yang merupakan gunung tertinggi di pulau jawa berada di Jawa Timur. Gn Semeru berada di antara 2 kabupaten yaitu kabupaten Malang dan Lumajang dan masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger semeru (TNBTS) di antara 8°06′ LS dan 112°55′ BT untuk Posisi geografisnya .

lokasi Gunung Semeru tidak jauh dari wisata gunung bromo. Jika dari Bromo diperlukan waktu 1 jam perjalanan menggunakan Jeep atau kendaraan bermotor untuk tiba di kaki Gunung Semeru. Semeru mempunyai 3 danau, yang mana danau itu mempunyai keindahan yang sangat memukau. Danau tersebut diantaranya mulai dari Ranu Pane, Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo. Tidak heran jika Semeru menjadi obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Baca juga:
Legenda dan misteri Gunung Semeru
Sejarah Letusan Gn Semeru

Bagi para backpacker sebelum memutuskan untuk melakukan liburan ke Semeru. Mereka diharuskan untuk mempelajari Letak Lokasi dan Rute Pendakian Gunung Semeru secara detail dan benar supaya tidak terjadi salah jalur. Bekal dan persiapan mental juga sangat di utamakan karena memang Semeru bukan gunung yang mudah untuk di daki. Perlu kecermatan khusus dan trik untuk bisa menaklukkan gunung tertinggi di pulau jawa ini.

3 Tips Penting untuk Mengetahui Lokasi Gunung Semeru

Letak dan Lokasi Gunung Semeru

Lantas bagaimana caranya kita bisa tau tentang letak dan lokasi gunung Semeru ?. Berikut adalah beberapa tips bagi anda untuk mengetahui informasi letak dan lokasi Semeru.

  1. Melalui peta atau maps Gunung Semeru
    Peta sangat membantu sekali bagi pemula untuk menemukan posisi gunung semeru. Akan tetapi, terkadang hasil pencarian peta jalur menuju Semeru tidak mempunyai sistem referensi koordinat dan skala. Oleh karenanya saya mencoba memberikan sedikit gambaran peta hasil buatan sendiri.
  2. Melalui Teman/Kerabat
    Teman yang telah melakukan pendakian ke gunung Semeru pasti akan lebih tau tentang lokasi Gunung Semeru berada. Teman itu bisa anda manfaatkan untuk meminta bantuan mereka supaya bisa lebih cepat tiba di kawasan Semeru. Karena teman tersebut akan memberikan saran tentang jalur menuju Semeru dengan benar.
  3. Melalui Agen Tour Wisata
    Tour travel penyedia paket wisata pendakian ke Semeru juga bisa anda gunakan sebagai referensi lain. Supaya Anda lebih mudah dalam mencari info tentang di mana lokasi gunung semeru berada. Info yang akan di berikan oleh pihak agen wisata biasanya tepat pada sasaran. Karena agen paket wisata penyedia Semeru trekking akan lebih berpengalaman dalam memberikan tips wisata menuju Semeru.

Gunung Semeru memang gunung yang indah untuk di kunjungi tapi sekali lagi Semeru bukanlah gunung yang mudah untuk di daki. Tidak sedikit di antara mereka para pendaki yang kesasar/salah jalur, kelelahan bahkan sampai berujung kematian. Masih ingat dengan sosok Soe Hok Gie (lahir di Djakarta, 17 Desember 1942). Seorang aktifis Indonesia yang meninggal dunia di puncak Mahameru karena menghirup gas beracun sulfurdioksida ( SO2 ) yang kini sudah melegenda. Tidak hanya Soe Hok Gie masih banyak korban lainnya mengalami hal na’as di Semeru. Beberapa kejadian janggal itu, di situlah kita bisa menarik kesimpulan jika yang indah tak selalu baik.

Rute Pendakian Gunung Semeru Hingga Puncak Mahameru

Terdapat berbagai macam rute dan jalur pendakian gunung semeru yang harus Anda pelajari dengan benar. Supaya lebih menghemat waktu serta persiapan pun jauh lebih matang sebelum benar-benar menaklukan puncaknya. Adapun rute pendakian gunung semeru tersebut adalah sebagai berikut

Jika Anda menggunakan jasa transportasi kereta api, maka turun dari stasiun. Anda harus naik angkot ADL atau AMG untuk turun menuju terminal Arjosari Malang. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit. Setelah Anda sampai menuju terminal Arjosari, maka Anda harus menemukan angkot berwarna putih dengan jurusan Tumpang-Arjosari. Perjalanan selama kurang lebih 45 menit dan turunlah di pasar tumpang. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan jeep maupun truk pengangkut sayuran selama kurang lebih dua jam menuju Ranu pani. Sesampainya di desa Ranu Pani, Anda bisa menyewa porter untuk membawa barang Anda ataupun langsung melanjutkan perjalanan menuju Ranu Kumbolo.

Untuk menuju Ranu Kumbolo, jalur yang sering dilalui adalah Ranu Pani, Landengan Dowo, Watu Rejeng dan Ranu Kumbolo. Meski menempuh perjalanan selama 4 hingga 5 jam. Namun jalur ini dianggap lebih aman daripada alur ayek-ayek yang jalurnya lebih curam dan berbahaya. Di sebelah barat Ranu Kumbolo. Anda akan melihat bukit tinggi yang dijadikan sebagai jalur untuk mendaki menuju semeru kemudian puncak Mahameru. Jalan ini sedikit lebih landai namun panjang. Dari Ranu Kumbolo, Anda harus menuju kalimati dengan melwati bukit cinta, oro-oro dowo, cemoro kandang dan jambangan. Dari pos jambangan tersebut, puncak semeru dapat terlihat jelas. Perjalanan menuju kalimati membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Biasanya orang-orang yang bermalam di kalimati akan mulai menuju Arcpodo pada dini hari.

Namun trek terberatnya baru dimulai dimana para pendaki harus melewati jalan terjal menuju puncak Mahameru 3676mdpl. Sebenarnya trek jalurnya berpasir namun justru inilah yang membuat pendaki kesulitan untuk melangkah hingga Anda sampai di puncak Mahameru.

Letak Lokasi dan Rute Pendakian Gunung Semeru

Dengan mengetahui letak lokasi dan rute pendakian gunung semeru, maka Anda dapat mempersiapkan diri dengan fisik prima sebelum melakukan pendakian.