3

Wisata Malang

Wisata Malang

Wisata MalangWisata Malang – Kabupaten Malang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2008, Kota Kepanjen ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Malang yang baru.

Kota Kepanjen saat ini sedang berbenah diri agar nantinya layak sebagai ibu kota kabupaten. Kabupaten Malang ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan di utara, Kabupaten Lumajang di sebelah timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan yang berhawa sejuk, Kota Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. mengapa tidak,  karena di kota ini terdapat banyak obyek wisata menarik yang dapat anda nikmati.

Sejarah singkat kota Malang
Ketika kerajaan Singhasari dibawah kepemimpinan Akuwu Tunggul Ametung yang beristrikan “Ken Dedes”, kerajaan itu dibawah kekuasaan Kerajaan Kediri. Pusat pemerintahan Singhasari saat itu berada di Tumapel. Baru setelah muncul Ken Arok yang kemudian membunuh “Akuwu Tunggul Ametung” dan menikahi Ken Dedes, pusat kerajaan berpindah ke Malang, setelah berhasil mengalahkan Kerajaan Kediri, dan saat jatuh ke tangan Singhasari statusnya menjadi kadipaten. Sementara Ken Arok mengangkat dirinya sebagai raja yang bergelar Prabu Kertarajasa Jayawardhana atau Dhandang Gendhis (1185 – 1222).

Kerajaan ini mengalami jatuh bangun. Semasa kejayaan Mataram, kerajaan-kerajaan yang ada di Malang jatuh ke tangan Mataram, seperti halnya Kerajaan Majapahit. Sementara pemerintahan pun berpindah ke Demak disertai masuknya agama Islam yang dibawa oleh Wali Songo (penyebar agama islam) . Kota Malang saat itu berada di bawah pemerintahan Adipati Ronggo Tohjiwo dan hanya berstatus kadipaten. Pada masa-masa keruntuhan itu, menurut Folklore, muncul pahlawan legendaris Raden Panji Pulongjiwo. Ia tertangkap prajurit Mataram di Desa Panggungrejo yang kini disebut Kepanjen (Kepanji-an). Hancurnya kota Malang saat itu dikenal sebagai Malang Kutho Bedhah.

Bukti-bukti lain yang hingga sekarang merupakan saksi bisu adalah nama-nama desa seperti Kanjeron, Balandit, Turen, Polowijen, Ketindan, Ngantang dan Mandaraka. Peninggalan sejarah berupa candi-candi merupakan bukti konkrit seperti :

Candi Kidal di Desa Kidal kecamatan Tumpang yang dikenal sebagai tempat penyimpanan jenazah Anusapati.
Candi Singhasari di kecamatan Singosari sebagai penyimpanan abu jenazah Kertanegara.
Candi Jago / Jajaghu di kecamatan Tumpang merupakan tempat penyimpanan abu jenazah Wisnuwardhana.

Cara menikmati wisata kota Malang
Karena biasa disebut kota wisata, ada beberapa tips untuk menikmati wisata Malang tanpa harus memerlukan waktu yang panjang, hanya dengan 2 hari 1 malam saja anda sudah bisa menge explore semua kawasah wisata di Malang ini. Berikut trip perjalanan tersebut.

Perjalanan dimulai langsung dari kota Malang, jika anda dari luar kota seperti Jakarta maka anda harus menuju ke kota Malang melalui via bandara atau stasiun Malang, kemudian setelah itu melakukan tour kota Malang dengan mengunjungi Tugu Malang terlebih dahulu setelah itu menuju ke Kota Batu Malang, setelah tiba di batu anda dapat mengunjungi beberapa obyek wisata favorit di kota Batu malang seperti wisata Air Terjun Coban Rondo, Wisata Museum Angkut Batu, Pasar Apung Batu dan wisata BNS (Batu Night Spectacular) yang dibuka pada malam hari. Dan setelah merasa lelah anda dapat menuju penginapan untuk istirahat yang berada di dekat Batu saja, supaya tidak terlalu jauh dari obyek wisata di Batu.

Setelah istirahat semalam penuh saatnya melakukan perjalanan tour kota Batu di hari ke 2, tempat pertama yang akan dikunjungi dihari ke dua ini adalah mengunjungi agro wisata petik Apel di perkebunan Apel para petani di Batu. Di tempat ini anda dapat mengambil dan memakan buah apel sepuasnya, kemudian destinasi wisata berikutnya adalah taman bunga selecta, disini anda dapat menikmati indahnya taman bunga, ada bermacam – macam bunga yang di budidayakan di taman ini, selain itu fasilitas tersedia untuk anak-anak, membuat tempat ini cocok menjadi tempat yang menyenangkan untuk wisata keluarga Anda. Setelah itu Jatimpark 2 adalah tour penutup dari perjalanan wisata malang ini.

Wisata Malang Batu

Apabila anda masih merasa kurang puas dengan wisata Malang, anda dapat memadukan perjalanan anda dengan obyek wisata Bromo atau dengan obyek wisata Kawah Ijen. Jadikan tempat wisata tersebut untuk tujuan wisata anda dan menghabiskan waktu bersama keluarga anda.