3

Wisata kawah Ijen

Wisata Kawah kawah

Wisata kawah IjenSetelah kita mengenal tentang obyek wisata bromo kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang obyek Wisata kawah Ijen yang terletak di kab. Banyuwangi Jawa Timur ini, dimana obyek wisata ini banyak di gandrungi oleh wisatawan.

kawah ijen adalah sekelompok gunung aktif di Jawa Timur Indonesia, di dalam gunung kawah ijen ini terdapat kaldera Ijen yang lebih besar, yaitu sekitar 20 kilometer lebarnya. Nama gunung berapi ini menyerupai gunung berapi yang berbeda, Gunung Merapi di Jawa Tengah, juga dikenal sebagai Gunung Merapi, ada juga sebuah gunung berapi ketiga bernama Marapi di Sumatera. gunung kawah Ijen yang memiliki danau yang berwarna hijau tosca. Danau  kawah ijen ini lah yang mengoperasikan penambangan padat karya sulfur, di mana belerang-sarat yang dibawa oleh keranjang dari dasar kawah ijen menuju ke penampungan belerang terdekat.

Kawah Ijen memiliki radius 361 meter setara (1.184 kaki), permukaan dari 0,41 kilometer persegi (0,16 sq mi). dan kawah ini mempunyai kedalaman 200 meter (660 kaki) serta memiliki volume 36 hectometres kubik (29.000 hektar · ft).

Menikmati wisata kawah ijen bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satu cara yang paling digunakan oleh wisatawan adalah berkunjung ke kawah Ijen dengan waktu durasi 2 hari. Perjalanan ini cukup diminati pasalnya para wisatawan bisa istirahat di penginapan sebelum melakukan tour ke kawah Ijen. Trip perjalanan ini dapat dimulai dari kota Surabaya Malang, dan Banyuwangi. Adapun contoh dari perjalanan selama 2 hari ini kami ulas sebagai berikut.

Pada hari pertama perjalanan menuju ke kawah gunung Ijen, para wisatawan dapat menggunakan kendaraan motor roda dua atau roda 4. Jika anda dari Surabaya atau Malang perjalanan menuju ke kawah Ijen butuh waktu 7 jam berkendara, dengan rute Surabaya/Malang – Probolinggo – Bondowoso – desa Blawan – Kawah Ijen. Atau jika anda telah menggunakan jasa travel anda akan di jemput melaui Bandara/Stasiun/Terminal Surabaya dan menuju ke kawasan Ijen.

Tiba di area Ijen para wisatawan harus istirahat terlebih dahulu di penginapan dekat Ijen untuk mengisi energi sebelum melakukan tour ke kawah Ijen.

Pada hari ke dua tour ke kawah Ijen dapat dimulai dari penginapan anda menginap, trip perjalanan dimulai pada pagi hari jam 05.00 menuju pos pendakian Paltuiding. Butuh waktu 45 menit untuk tiba di pos tersebut. Selanjutnya para peserta dapat memulai pendakian ke puncak kawah. Pendakian memerlukan waktu sekitar 1,5 jam untuk tiba di bibir kawah Ijen. Setibanya di puncak anda dapat menikmati pesona keindahan kawah ijen yang begitu luar biasa.

Setelah merasa terpuaskan dengan pesona kawah Ijen, saatnya kembali ke pos patuding. Sebelum meninggalkan kawasan kawah Ijen anda dapat membeli buah tangan berupa souvenir yang dibuat dari belerang. dan anda dapat pulang menuju kota masing.

Wisata Kawah Ijen

Cukup mudah bukan untuk melakukan perjalanan ke wisata kawah Ijen ini. Sebelum melakukan tour tersebut jangan lupa untuk mempersiapkan mental dan fisik serta membawa beberapa perlengkapan seperti jaket hangat, sepatu trekking, tongkat pendakian, kaca mata, sarung tangan, obat alergi dingin, mengingat cuaca di kawah Ijen cukup dingin.  Tips kami supaya perjalanan anda lebih menyenangkan jangan lupa untuk mengajak teman atau keluarga anda, karena pengalaman yang akan anda dapatkan akan sangat jarang anda rasakan sebelumnya.