Ranu Kumbolo Semeru

Ranu kumbolo Semeru

Ranu Kumbolo SemeruGunung Semeru mempunyai 3 danau yang tak asing lagi untuk di dengar, yaitu Ranu Regulo, Ranu Pane dan Ranu Kumbolo, ketiga danau ini terletak di desa Ranu Pane, kecamatan Senduro kabaten Lumajang, tepat berada di kaki gunung Semeru.

Kali ini salah satu danau yang paling fenomenal sekali untuk di bahas adalah Ranu Kumbolo Semeru. Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang Terletak di tengah pendakian menuju Semeru, berada di ketinggian 2.400 meter dpl yang menyediakan sumber air bersih untuk para pendaki gunung semeru. Danau Ranu kumbolo semeru mempunyai Luas 15 hektare, dengan sedemikian luasnya sangat pas sekali untuk menampung para pendaki untuk camping.

2 tahun silam Ranu kumbolo memang luar biasa indahnya, setelah adanya film drama 5cm, banyak sekali aktifitas pendakian hiking menuju ke Semeru sehingga kebersihan di sekitar Ranu Kumbolo semeru tidak terjaga akibatnya banyak sampah dan coret-coretan yang berada di sekitar Ranu kumbolo. Kami berharap jika anda mempunyai rencana untuk ke Ranu kumbolo anda bisa menjaga kebersihan dan kelestarian alam Semeru.

Keindahan Ranu kumbolo memang tidak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, danaunya cantik, airnya biru dan tenang serta dikelilingi banyak pohon cemara. Ranu kumbolo memang di juluki kampung para pendaki karena sebelum ke Semeru mereka berhenti dan bermalam di danau ini. Di lihat dari sisi manapun, kanan, kiri, atas, samping, ujung tetap saja ranu kumbolo kelihatan sangat indah sekali.

Jalur menuju Semeru ada sebuah tanjakan yang satu bagian dengan Ranu kumbolo semeru yaitu Tanjakan Cinta, konon menurut cerita ketika anda mendaki tanjakan ini tanpa melihat kebelakang sambil memikirkan orang yang anda cintai maka orang yang anda cintai akan menikah dengan anda :D. tapi itu kembali ke keyakinan kita masing-masing karena untuk masalah jodoh itu sudah ada yang atur.

Tips dan akses Menuju Ranu Kumbolo Semeru.
Ranu kumbolo masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, berada di antara 2 kabupaten yaitu Malang dan Lumajang.

Baca juga: Letak dan Lokasi Gunung Semeru

Tips untuk menuju Ranu kumbolo ada 2 jalur yang bisa anda lewati, pertama dari Lumajang dan Malang. Jika anda dari luar pulau jawa anda bisa menggunakan jalur udara langsung menuju bandara Malang “abdurrahman Soleh” kemudian dari bandara tersebut anda bisa mencari mobil travel yang bisa langsung menuju desa Ranu pane Semeru yang berdurasi perjalanan memakan waktu 3 jam saja.

Atau bagi anda yang berada di area pulau jawa, dan ingin menuju Semeru secara backpaker anda bisa menggunakan jalur kereta api atau bus langsung menuju Malang, setelah tiba di kota Malang kemudian mencari angkutan umum menuju desa Tumpang. Selanjutnya menggunakan Jeep atau truck yang bisa anda sewa di sana yang bisa mengarahkan anda menuju desa Ranu Pane.

Perjalanan Ke Ranu Kumbolo Semeru dari desa Ranu Pane.
Sebelum ke Ranu kumbolo anda di wajibkan untuk mebayar tiket masuk kurang lebih Rp. 25.000 di pos pendaftaran, setelah proses pendaftaran selesai anda bisa melanjutkan perjalanan menuju danau Ranu kumbolo. Perjalanan memakan waktu kurang lebih 4 jam yang menelusuri jalan setapak menggunakan jalur watu Rejeng yaitu jalur yang di resmikan oleh pihak perhutani.

Pendakian di mulai dari desa ranu pane dengan ketinggian 2.200meter dari permukaan laut, dan harus mendaki 1.400 meter lagi untuk tiba di danau Ranu Kumbolo. Sepanjang perjalanan anda akan di manjajakan oleh pemandangan yang indah dan asri. Menuju ke danau Ranu kumbolo anda akan melewati 4 pos. untuk sampai di pos satu, jalur yang di lewati tidak terlalu sulit, masih dijalan setapak yang landai dan belum banyak tanjakan.

Untuk menghilangkan rasa capek anda bisa istirahat di setiap pos tentunya, dan juga anda bisa melakukan aktifitas lain seperti selfy yang kemungkinan ada spot yang bagus untuk di jadikan kenangan, atau bisa juga bercanda ria dengan kawan. Setelah kurang lebih 2 jam anda akan tiba di Pos 1, masih ada 3 pos lagi yang akan di lewati. Dari pos 1 ke Pos 2 tidak terlalu jauh hanya 15 menit saja dan jalurnya pun tidak terlalu banyak tanjakan. Untuk tiba di pos 3 jalur yang akan anda lewati tetep sama yaitu pohon lagi dan jurang, dan di sepanjang perjalanan menuju pos 3 anda akan melewati sebuah bukit yang bernama Watu Rejeng, mungkin ini yang menjadikan jalur yang di beri nama jalur “Watu Rejeng”. Melewati jalur dari pos 2 ke pos 3 perlu hati-hati karena ada sedikit longsoran kecil dan banyak batu-batu, juga jalurnya pun mulai sedikit menanjak.

Nah setelah dari Pos 3 menuju ke pos 4, di sinilah jalan mulai menanjak dengan kemiringan 45 derajat dan kondisi jalan penuh debu dan pasir di wajibkan untuk membawa masker atau baff untuk melindungi anda dari debu yang bertebaran. Setelah melewati beberapa tanjakan yang terjal anda akan melewati jalan yang landai, jaraknya sudah tidak lama yaitu 1 jam saja, setelah tiba di pos 4 anda telah tiba di Ranu Kumbolo.

Ranu kumbolo adalah surganya gunung semeru, di tempat ini anda bisa mendirikan tenda, istirahat, makan dan sebagainya sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru.

Larangan ketika berada di Ranu Kumbolo

  1. Tidak di perbolehkan untuk mandi, berenang dan buang air di danau ini karena Air tawar di danau Ranu Kumbolo sangat bersih dan jernih.
  2. Di larang untuk melakukan aktifitas yang mencemari alam ranu kumbolo seperti corat-coret dan membuang sampah sembarangan.
  3. Di larang berfikiran negatif tentang tempat ini karena tempat ini penuh dengan kisah mistis sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Hal yang perlu di persiapkan sebelum menuju Ranu kumbolo
Saya akan memberikan beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum anda memutuskan untuk menuju Ranu Kumbolo yaitu mempersiapkan fisik dengan berolah raga minimal 1 minggu sebelum mendaki, pakaian untuk mendaki harus ada yang bisa menyerap keringat dan juga bisa menahan dari udara dingin, Tenda, sleeping bag, logistik, Sepatu trekking, senter, sand block, obat pribadi, tongkat gunung, masker, geither pelindung kaki, kaos tangan, dan yang terakhir adalah lahir batin bahwasanya anda siap untuk menuju Ranu Kumbolo Semeru.

Selain hal-hal yang saya sebutkan tadi anda harus membawa beberapa material lainnya seperti foto copy KTP, surat keterangan dokter dan Materai sebagai syarat utama untuk pendaftaran menuju Semeru.

Ranu kumbolo semeru

Demikianlah informasi tentang pesona Ranu Kumbolo Semeru, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang ingin mendaki ke Ranu kumbolo. Bagi anda yang ingin melakukan secara praktis dan mudah, kami agen wisata Bromo memberikan sedikit penawaran paket wisata yang bisa anda pilih yaitu:

  1. Paket Wisata Ranu Kumbolo 2 hari 1 malam
  2. Paket Pendakian Wisata Ranu Kumbolo Gunung Semeru Tour

Catatan: Pendakian ke Ranu kumbolo semeru hanya di buka pada musim kemarau saja yaitu di mulai pada bulan Mei sampai bulan desember. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami.