2

Penanjakan 1 Gunung Bromo

Penanjakan 1 Gunung Bromo

penanjakan 1 gunung bromo

Penanjakan 1 Gunung Bromo 2.770 MDPL adalah salah satu tempat view point untuk melihat dan menikmati matahari terbit terbaik di bromo. Penanjakan 1 gunung bromo ini masih bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN-BTS) Jawa Timur, Indonesia. Dari tempat ini kita bisa menyaksikan kemegahan alam gunung Bromo dengan lebih leluasa, pemandangan akan lebih eksotis saat langit sedang cerah dan terdapat lautan kabut sekitar gunung Bromo.

Penanjakan 1 Gunung Bromo menjadi tujuan wisatawan yang wajib dikunjungi ketika ber wisata bromo. Biasanya puncak ini selalu menjadi bagian dari paket wisata Bromo, karena memang tujuan utama mengunjungi Bromo adalah berburu matahari terbit. Perlu di ulang kembali jika Puncak Penanjakan 1 Gunung Bromo adalah salah satu spot view point terbaik untuk melihat keindahan matahari terbit (sun rise) dan alam Bromo, karena lokasinya berada pada titik tertinggi di 2. 770 meter dari permukaan laut yaitu memiliki lokasi paling tinggi dibanding dengan Bromo, sehingga para pengunjung akan lebih leluasa melihat pesona Bromo dari puncak ketinggian.

Rute dan Akses menuju puncak Penanjakan 1 View Point
Menuju ke Puncak Penanjakan 1, saya sarankan anda harus menggunakan kendaraan jeep yang dapat anda sewa melalui travel agent, atau jasa sewa Jeep di kawasan bromo. Keunggulan menggunakan Jeep adalah kendaraan tersebut dapat melalui medan berpasir dan tanjakan yang tinggi, Selain itu dengan menaiki mobil jeep anda akan merasa lebih nyaman untuk bisa sampai ke Puncak Penanjakan 1 Bromo dengan selamat.

Rute menuju ke puncak penanjakan 1 dapat dilalui dari beberapa jalur yaitu dari Probolinggo, Pasuruan dan Malang, namun jalur yang paling banyak dilalui adalah dari Probolinggo dan Pasuruan karena jalannya memang lebih mudah dan sudah diaspal, meski demikan anda juga harus hati-hati, karena anda akan melalui jalan yang menanjak dan berkelok  kelok. Rute lengkapnya menuju gunug Penanjakan 1 adalah seperti berikut

  1. Rute dari Pasuruan melalui Tosari dan Purwodadi – puncak Penanjakan
  2. Rute dari Malang Melalui Tumpang – Lautan Pasir – Puncak Penanjakan
  3. Rute dari Probolinggo melalui Cemara Lawang Sukapura – Lautan Pasir – Puncak Penanjakan.

Selain melihat keindahan matahari terbit (sun rise), kegiatan lain adalah mengambil gambar atau hanya sekedar merasakan ke Agungan alam semesta sebab di penanjakan 1 gunung bromo ini memiliki latar pemandangan yang sangat luar biasa. Kita bisa melihat pemandangan gunung Bromo, G. Batok, G. Kuursi dan G. Semeru.

Menikmati matahari terbit di penanjakan 1 gunung bromo memang berbeda dengan matahari terbit (sunrise) di puncak lainnya yang berada di kawasan wisata gunung bromo. Dari Puncak penanjakan 1 gunung bromo kita juga dapat melihat pemandangan yang tak pernah kita lihat sebelumnya.

Baca juga obyek lain di Bromo: Pasir Berbisik Bromo

Syarat untuk menuju Puncak Penanjakan 1 Gunung Bromo:
Beberapa syarat untuk menuju penanjakan 1 bromo pertama memakai Jaket tebal yang tahan dingin, selain itu sarung tangan, kaos kaki dan penutup kepala, sepatu wajib kita pakai, serta kacamata untuk menambah fashionable.

Penanjakan 1 Gunung Bromo

Puncak penanjakan 1 memang sebuah tempat rekomendasi untuk melihat matahari terbit. Jika anda memilih Bromo sebagai destinasi wisata anda, jangan lewatkan kunjungan ke puncak penanjakan 1 gunung Bromo ini.