1

Kawah Gunung Bromo

Kawah Gunung Bromo

kawah gunung bromoWisata Gunung Bromo selalu memberikan nuansa alam dan memanjakan wisatawan dengan pesona alam yang tiada duanya, banyak sekali spot – spot menarik yang dapat dikunjungi salah satunya adalah Kawah Gunung Bromo. Kawah Bromo merupakan sebuah kawah dari gunung Bromo yang dapat kita lihat secara dekat dari atas puncak gunung Bromo.

Kawah Gunung Bromo banyak wisatawan bilang kawah Bromo ini memiliki garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Gunung Bromo berada di tengah lautan pasir, dan berdekatan dengan gunung batok, Jika dilihat dari atas puncak gunung penanjakan kawah Bromo akan terlihat jelas, karena statusnya masih aktif dan selalu mengeluarkan kepulan asap.

Untuk mencapai Kawah Bromo itu sangat mudah sekali, anda dapat memulainya setelah melihat matahari terbit dari puncak penanjakan atau memulainya dari desa Cemoro lawang. Jika dari lokasi parkiran Jeep setelah menikmati matahari terbit, Anda cukup jalan kaki sekitar 2km menuju kawah gunung Bromo, Akan tetapi jika anda merasa melas untuk berjalan kaki anda dapat menunggang kuda dengan melewati Pura Poten Bromo suku Tengger yang biasanya di gunakan untuk perayaan hari raya Yadnya Kasada atau Upacara Kasodo Bromo, setelah tiba di anak tangga yang berjumlah sekitar 250 an, anda di paksa naik untuk mencapai puncak kawah bromo.

Dari Puncak Kawah Gunung Bromo pengunjung akan menyaksikan fenomena gunung Vulkanik yang masih aktif. Dari puncak kawah bromo ini pula pengunjung dapat melihat hamparan lautan pasir yang sangat luas dan melihat Gunung Semeru yang merupakan Gunung tertinggi di Jawa dengan ketinggian 3.676mdpl.

Sejarah terjadinya kawah Bromo dan Budaya suku tengger
konon menurut legenda dan sejarah gunung Bromo berasal dari letusan gunung Tengger dengan ketinggian 4.000mdpl (Salah satu gunung tertinggi dan terbesar), kemudian terjadi letusan besar dan dahsyat sehingga terciptalah sebuah kaldera besar dan lautan pasir, di tengah kaldera tersebut terdapat sebuah Gunung aktif yang di beri nama Bromo (Brahma: Sebuah nama dewa untuk agama hindu)

Kawah Gunung Bromo bagi masyarakat Suku Tengger adalah tempat terakhir untuk melemparkan persembahan bagi dewa Brahma atau tuhan mereka yaitu Syah hyang widhi wasa. Hal ini dilakukan karena merupakan sebuah tradisi Suku Tengger, tradisi ini bisa dibilang dengan sebuah Upacara Kasodo atau Yadya Kasada. Upacara tersebut dilaksanakan oleh suku tengger semata-mata untuk menghormati leluhur mereka. Selain itu upacara kasodo digunakan sebagai cara mengungkapkan rasa terimakasih dan syukur kepada Tuhan karena sudah diberi hasil panen yang melimpah ruah.

Kawah Gunung Bromo

Kawah Bromo adalah salah satu objek wisata bromo yang wajib di kunjungi, karena di Gunung Bromo ini anda bisa melihat secara langsung aktifitas kawah Bromo yang masih aktif. Tidak ada salahnya anda merencanakan liburan anda di jawa Timur khususnya ke Bromo untuk melihat fenemona alam yang begitu luar biasa ini.