Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung SemeruBagi para pencinta wisata alam yang mempunyai rencana liburan khususnya pendakian ke puncak Gunung Semeru yaitu gunung tertinggu di pulau Jawa (3.676m dpl) tidak perlu tergesa – gesa karena ada beberapa hal penting yang perlu di pelajari dan di ketahui terlebih dahulu seperti halnya tentang Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru terbaru yang kini sudah naik, dengan mengetahui kenaikan biaya tiket masuk Wisata Semeru, kamu sudah bisa memprediksi berapa biaya yang harus dikeluarkan selama trip berlangsung, selain itu biaya operasional lainnya seperti, sewa porter, sewa transport, sewa Jeep ketika berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga perlu di perhitungkan. Dengan begitu kamu sudah tidak perlu lagi khawatir akan kekurangan biaya. Sehingga, wisata untuk menikmati panorama keindahan Semeru yang sangat terkenal dengan wisata danau Ranu Kumbolo ini akan semakin menyenangkan.

Kenaikan harga tiket masuk wisata tidak hanya terjadi pada kawasan wisata gunung Semeru saja bahkan, objek wisata terkenal lainnya seperti wisata gunung Bromo dan wisata Kawah Ijen juga mengalami kenaikan harga tiket. Kenaikan tersebut hampir mencapai 20% untuk wisatawan nusantara dan lebih dari 50 persen untuk wisatawan mancanegara. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan jika objek wisata gunung Semeru tetap tidak akan sepi pengunjung, pasalya wisata gunung Semeru merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Jawa Timur selain Wisata gunung Bromo.

Baca juga: Promo Paket Wisata Bromo 2016

Harga tiket masuk wisata gunung Semeru telah mengalami kenaikan pada tanggal 5 Mei 2014 yang lalu. Perubahan biaya tiket ini diperkuat dengan adanya surat pengumuman dari Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) Ibu Ayu Dewi Utari, NomorPG.215/IV-21/BT.1/2014 tertanggal 29 April 2014 menyatakan bahwa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 tahun 1998 tentang tarif jasa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

Sebelum di tetapkannya tarif tiket masuk TNBTS, biaya masuk ke Semeru untuk wisatawan asing sebesar Rp 72.500,- dan setelah penetapan tersebut biaya tiket masuk untuk asing menjadi sebesar Rp 207.500,-. Sementara itu, tiket masuk untuk wisatawan lokal dari sebesar Rp 10.000 per orang, kini naik menjadi Rp 17.500,-. Tarif masuk wisata gunung Semeru tidak hanya mengalami kenaikan pada hari kerja, tarif tersebut juga mengalami kenaikan pada hari libur (week end), untuk wisatawan lokal kenaikan harga tiket masuk menjadi sebesar Rp. 22.500,- dan kenaikan tarif masuk untuk wisatawan asing menjadi sebesar Rp. 307.500,-.

Ibu Ayu Dewi Utari (Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo-Tengger Semeru) menambahkan jika kenaikan tarif masuk tersebut sesuai dengan PP yang sudah direvisi. Draf final yang telah direvisi PP 59 tahun 1998 telah di terima pada hari kamis (27/2/2014) malam. Dengan adanya aturan baru tersebut jelas sudah untuk tarif masuk ke Taman nasional Bromo Tengger Semeru, khususnya di Semeru naik.

Ibu Ayu berharap kepada para elemen masyarakat bisa memaklumi akan kenaikan tarif tiket baru tersebut, meski tergolong masih mahal, perubahan tarif masuk tersebut tidak menyurutkan jumlah pengunjung yang datang ke area TNBTS, rata-rata wisatawan yang datang sebesar 2.000 wisatawan saat hari biasa. Jika pada masa libur panjang, jumlah wisatawan yang datang bertambah banyak bisa mencapai 15.000 wisatawan.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru

Setelah kamu mengetahui Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Semeru terbaru saat ini, apa kamu masih berminat untuk merencanakan liburan akhir pekan di Gunung Semeru. ?