Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung SemeruGunung Semeru yang biasa di kenal dengan Gunung Sumeru adalah sebuah gunung aktif dengan ketinggian 3.676 meter dengan permukaan laut. Gunung semeru menjadi salah satu gunung yang tertinggi di pulau Jawa, ketinggian gunung Semeru mendapat urutan no 3 di indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Gunung Semeru termasuk dalam taman nasional Bromo Tengger Semeru, secara administratif gunung Semeru berada di wilayah kabupaten Malang dan kabupaten Lumajang. Puncak semeru di kenal dengan sebutan puncak mahameru dan memiliki sebuah kawah yang mereka sebut Jonggring Saloko.

kawah tersebut yaitu Jonggring Saloko sekitar pada tahun 1913 dan 1946 memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 m hingga akhir November 1973. kemudian karena ada perubahan alam, di bagian ujung selatan, kubah kawah tersebut mendobrak tepi kawah dan terjadi sebuah aliran lava mengarah ke sebuah desa sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Posisi koordinat dan letak goeografis gunung Semeru berada di antara 8°06′ LS dan 112°55′ BT. dan menurut ilmu geologi Semeru merupakan gunung berapi kurucut atau Stratovolcano dengan ciri khas tinggi mengerucut dan curam di puncak.

Eksotisme gunung Semeru memang perlu di perhitungkan, dengan kealamiannya dan begitu mempesona banyak sekali para pengunjung yang ingin mencoba untuk menaklukkan gunung tertinggi di pulau jawa ini, apa lagi setelah di putarnnya sebuah film drama indonesia 5CM yang dirilis pada 12 Desember 2012 silam, yaitu sebuah film yang mendokumentasikan perjalanan para remaja ke Puncak Semeru, menjadi sebuah bom atom untuk para wisatawan untuk hadir dan ber liburan di gunung Semeru. tapi sebelum anda mencoba ber wisata di gunung semeru anda harus pelajari dulu medan yang akan di lalui karena tidak mudah untuk mendaki gunung Semeru setinggi itu.

Meskipun anda tidak pernah mendaki gunung semeru, keindahan Semeru bisa anda nikmati dari kawasan Bromo yang terkenal dengan wisata bromo sunrise nya. Gunung Semeru bisa di lihat dari puncak Penanjakan 1 atau Gunung Penanjakan 2, Puncak Mentigen, bukit kingkong, bukit cinta di Bromo bahkan dari Puncak B29 ( Bukit 2.900mdpl ), dari beberapa tempat yang saya sebutkan tadi adalah tempat yang kami rekomendasikan untuk melihat pesona keindahan gunung Semeru dengan pemandangan alam yang fenomenal.

Perjalanan menuju gunung Semeru
Membutuhkan waktu normal 4 hari 3 malam untuk mendaki gunung Semeru, dan bisa anda mulai dari rute kota Malang, Bromo Probolinggo dan Lumajang, dan di bawah ini ada beberapa tips rute menuju Semeru dengan mudah di antaranya adalah:

Rute perjalanan dari kota Malang adalah anda tinggal naik angkot menuju desa Tumpang. di ikuti lagi dengan sewa jeep atau sewa truk/pickup yang bisa anda dapatkan di pasar terdekat, untuk biaya bisa di negosiasi dengan supir truk usahakan anda membawa rombongan supaya harga bisa lebih murah, selanjutnya mendaki puncak semeru, dengan mengikuti jalan dan rute yang telah di sarankan oleh pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Jika anda memulai dari Probolinggo, anda naik angkutan bus shuttle menuju ke Bromo, kemudian setelah dari Bromo anda sewa Jeep menuju desa Ranu Pane selanjutnya menuju puncak semeru, atau bermalam di danau Regulo sebagai pelepas lelah.

Dalam perjalanan menuju Semeru anda akan berhenti di sebuah danau yang indah yaitu Danau Ranu Kumbolo pada ketinggian 2.400Mdpl, sebuah danau danau dengan air yang bersih dan memiliki pemandangan indah terutama di pagi hari pada saat menyaksikan matahari terbit disela-sela bukit. Anda bisa bermalam atau camping di danau ini sebelum melanjutkan menuju lokasi camping selanjutnya. Perjalanan menuju Ranu kumbolo dari desa Ranu pane adalah 4 jam perjalanan yang melewati 4 pos, maka di harapakan untuk anda untuk mempunyai stamina yang kuat untuk tiba di danau itu.

Selanjutnya meninggalkan Ranu Kumbolo dan menuju pos Kali mati pada ketinggian 2.700Mdpl, sebuah lokasi untuk camping sebelum mendaki Puncak Semeru, dalam perjalanan menuju kali mati anda akan di suguhkan oleh pemandangan indah lan exotis yaitu sebuah kebun bunga edelwais terbentang luas, mereka menyebutnya jalur Oro-Oro Ombo yang di kelilingi oleh bukit-bukit yang indah. Perjalanan dari Ranu kumbolo menuju Kali mati hanya memakan waktu 3 jam dan selanjutnya bermalam di pos tersebut.

Di haruskan membawa air bersih untuk mendaki puncak Mahameru karena jalan yang akan di lalui cukup terjal dan akan menguras tenaga, air bersih bisa anda dapatkan pertama 1 di Ranu Kumbolo sebelum menuju pos kali mati dan 2. anda bisa mengambilnya dari mata air sumber Mani yang berlokasi dekat dekat dari pos Kalimati. Pendakian ke puncak Semeru ini di lakukan pada malam hari supaya terhindar dari badai yang selalu terjadi pada siang hari juga terhindar dari gas beracun yang akan di keluarkan oleh kawah Semeru. Selama pendakian anda tidak boleh berpisah dari rombongan yang lain karena banyak terjadi kejadian yang tidak di inginkan seperti tersesat atau bahkan meninggal dunia, maka di harapkan anda selalu bekerja sama untuk meraih puncak Semeru. pendakian dari pos Kali mati ke puncak Mahamaru menghabiskan waktu 5 jam, jadi jangan sampai kehabisan energi untuk mencapai puncak Mahamaru.

Setelah dari puncak Semeru anda bisa kembali ke rute sebelumnya, menuju pos Kali mati ke Ranu Kumbolo (bisa bermalam lagi jika persediaan logistik masih cukup) atau langsung kembali menuju desa Ranu Pane, maka itu artinya anda telah berhasil menaklukkan gunung Semeru 3.676M dpl.

Rekomendasi trip: Paket Wisata Pendakian Semeru Bromo Tour 4 hari 3 malam

Gunung Semeru

Ingin ber wisata untuk Semeru Trekking, jangan coba-coba jika anda masih belum pernah melakukan pendakian, solusi terbaik jika anda penasaran dengan obyek wisata menantang tersebut silahkan hubungi kami, kami siap untuk mengantar anda dan menaklukkan gunung tertinggi SEMERU.