Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban PelangiIndahnya pesona air terjun Coban Pelangi merupakan fenomena alam yang sangat unik, pasalnya di tempat ini kamu bisa melihat air terjun di padukan dengan warna pelangi sehingga tampak jelas keindahan yang tiada duanya. Wisata Air Terjun pelangi atau Coban Pelangi berada di rute pendakian wisata gunung Semeru, tidak asing lagi para pendaki yang sedang melakukan pendakian ke Gunung Semeru, Air terjun ini tepatnya terletak di desa Gubuk klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Air terjun coban pelangi menjadi daya tarik sendiri bagai kalangan wisatawan, air terjun ini memiliki ketinggian 110 m dikelilingi oleh tebing batu karang yang menjulang tinggi, mempunyai hawa yang sejuk, ditambah dengan percikan air dingin menyebar disekitar lokasi.

Air terjun Pelangi ini bisa kamu dekati tetapi perlu hati-hati karena sedikit agak sulit dan melewati batu-batu yang licin. Apabila cuca buruk tidak disarankan untuk mendekati air terjun ini karena sering terjadinya banjir.

Tidak hanya keindahan air terjun yang bisa kamu nikmati, ada fenomena lain seperti adanya pelangi yang muncul di sekitar air terjun. Untuk bisa menyaksikan fenomena pelangi ini kamu harus datang pada siang hari sekitar jam 10 sampai jam 12 siang dalam cuaca yang cerah, pada saat itulah cahaya matahari menyeruak masuk membias diantara percikan air terjun. Karena fenomena alam inilah yang akhirnya menjadikan nama air terjun Coban Pelangi yang kini dikenal oleh wisatawan.

Untuk mengunjungi lokasi air terjun di perlukan stamina yang fit karena letaknya cukup jauh dari lokasi parkir, kurang lebih kamu harus berjalan sejauh 1 km dengan kondisi jalan yang landai (naik turun). Meskipun jangkauan lumayan jauh tetapi sepanjang perjalan menuju lokasi air terjun kamu akan disajikan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Tidak hanya itu beberapa titik lokasi terdapat tempat istirahat juga warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Selama perjalanan menuju objek wisata Air Terjun Coban pelangi, kamu akan menemukan beberapa fasilitas dan tempat unik dilokasi wisata ini seperti:

  1. Tempat berkemah/Camping ground
    Tidak hanya sebatas untuk melihat pesona air terjun, ditempat ini terdapat sebuah lokasi untuk berkemah, sangat cocok sekali bagi kamu yang ingin melakukan camping di tempat yang tenang dan sejuk untuk menghilangkan kejenuhan. Tempat camping ini berada di separuh perjalanan, 500 meter dari gerbang tiket masuk, terletak disisi kanan jalur. Untuk bisa camping di area ini para pengunjungi dikenakan biaya masuk sebesar 10.000,- per orang kepada petugas setempat sebagai biaya keamanan, dan fasilitas yang bisa kamu gunakan adalah tersedianya kamar mandi dan toilet di area camping. Fasilitas ini memang di sediakan untuk kenyamanan para pengunjung yang sedang berkemah.
  2. Menunggang Jaran (Naik Kuda)
    Menunggang kuda tidak hanya ada di area gunung Bromo ketika kita ingin menuju kawah Bromo. Jasa menunggang juga ada di area air terjun ini. Jasa naik kuda berada dilokasi camping ground, mungkin bagi kamu setelah melihat air terjun coban Pelangi dan ketika ingin pulang, kamu bisa menunggang kuda, kamu bisa menyewa kuda jika ingin merasakan sensasi berkuda atau merasa kelelahan ketika harus mendaki ditrek menanjak. Untuk menggunakan fasilitas menunggang kuda, kamu harus mebayar tarif sebesar Rp. 15.000,- per sekali jalan, cukup murah bukan.
  3. Jembatan Cinta
    Bagi para wisatawan, kamu akan melewati sebuah jembatan yang di kenal dengan “Jembatan Cinta“, Jembatan ini terbuat dari bambu dengan desain yang unik dan klasik. Menurut informasi yang kami dapat, asal usul jembatan ini yaitu jika jembatan ini sering dilewati oleh pasangan muda-mudi dengan bergandengan tangan, sehingga banyak wisatawan menyebutnya dengan Jembatan Cinta, tidak hanya itu jembatan ini hanya bisa dilewati oleh 2 orang saja. Boleh dicoba bagi kamu yang penasaran dengan jembatan cinta ini, tapi harus dengan pujaan hati ya supaya kamu bisa menambah rasa cinta kepada pasangan hati kamu.

Air Terjun Coban Pelangi

Bagaima, cukup menarik bukan ?. jika tertarik dengan objek wisata Air Terjun Coban pelangi ini, kamu bisa berkunjung sebentar apabila kamu sedang melakukan pendakian ke Gunung Semeru.